Guide How To Advertise

Cara Mendapatkan Pengunjung di Blog

Artikel terkait : Cara Mendapatkan Pengunjung di Blog

Trafik pengunjung blog merupakan salah satu bagian terpenting dalam kesuksesan mengikuti program Google Adsense, karena sebagus apapun blog Anda jika tidak ada yang mengunjunginya maka tidak akan mendapatkan penghasilan. 

Dalam bab ini saya akan menjelaskan beberapa cara terampuh untuk mendatangkan pengunjung blog, yaitu melalui media sosial atau (Social Media Traffic) dan dari mesin pencari melalui SEO (Search Engine Optimization).

1. Cara Mendapatkan Pengunjung Blog Dari Media Sosial (Social Media Traffic)

Website-website jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan media sosial lainnya merupakan sumber pengunjung blog yang sedang tren saat ini, alasannya adalah karena sekarang ini banyak sekali orang yang suka membuka situs-situs social media, contohnya saja facebook yang sudah memiliki lebih dari 1 Milyar pengguna diseluruh dunia, dan juga jutaan masyarakat Indonesia yang sudah terbiasa menggunakan facebook setiap hari untuk berkomunikasi dengan temantemannya. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para blogger untuk mendapatkan pengunjung blog yang sangat banyak.

A. Pengunjung Blog Dari Facebook

Cara paling mudah untuk mendapatkan pengunjung blog dari facebook adalah dengan cara membagikan (share) artikel menarik dari blog Anda pada teman-teman di facebook. Untuk hasil yang maksimal Anda harus memiliki banyak teman di facebook agar lebih banyak calon pengunjungnya, dan pastikan link blog post yang Anda bagikan sangat menarik perhatian orang lain, karena jika tidak
mereka tak akan mau mengunjungi link yang Anda bagikan tersebut. Tetapi jika link blog post yang Anda bagikan menarik dan dirasa bermanfaat oleh orang lain, pasti link yang Anda bagikan akan banyak diklik dan dikunjungi orang. 

Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri jika blog Anda dikunjungi oleh ribuan orang maka kemungkinan mendapatkan klik Adsense pun semakin banyak dan penghasilan Adsense pun semakin besar. Cara untuk mendatangkan pengunjung blog dari facebook fans page yaitu dengan membagikan link posting blog yang menarik dan bermanfaat melalui status di fans page.

Perlu diingat:

Jangan terlalu sering membagikan link blog post ke facebook karena nantinya orang lain akan bosan atau menjadi malas untuk mengunjungi blog Anda, dan juga agar terhindar dari dugaan spam, jadi lakukan saja secukupnya dengan bijak. Saya sendiri sering sharing link ke facebook sebanyak 2 - 3 kali dalam sehari.

B. Pengunjung Blog Dari Twitter

Tidak kalah dengan facebook, twitter pun merupakan media jejaring sosial yang cukup ampuh untuk mendatangkan pengunjung blog. Cara yang sering saya gunakan dalam menarik pengunjung dari twitter adalah sebagai berikut:

1. Buat akun twitter yang menarik
Buatlah akun twitter semenarik mungkin, mulai dari foto/logo profile, gambar header, hingga gambar background twitternya.

2. Cari follower sebanyak-banyaknya
Untuk mendapatkan twitter follower Anda bisa mulai dengan mem-follow twitter orang lain terlebih dahulu dan juga meminta mereka untuk follow akun twitter Anda (follow back). Pastikan mereka follow back akun twitter Anda, karena nantinya apa yang akan Anda bagikan melalui twitter hanya akan terlihat oleh follower Anda. Jadi jika setelah Anda follow orang lain dan orang tersebut tidak follow Anda juga, sebaiknya di unfollow saja, karena percuma tidak akan jadi prospek pengunjung blog Anda.

Tips:

Jika Anda bingung untuk mencari siapa yang ingin Anda follow, Anda bisa kunjungi situs ini http://twitclub.com. Saya sering sekali menggunakan website tersebut untuk mencari follower, karena dalam website tersebut terdapat kategori-kategori tertentu, carilah kategori yang sesuai dengan topik blog Anda. Hasilnya cukup efektif untuk mendapatkan follower dan prospek pengunjung blog. Untuk memperoleh keuntungan dari website ini anda harus daftar dulu secara gratis. Jika sudah, kemudian mulailah untuk memfollow orang lain.

3. Tweet secara rutin
Setelah Anda mendapatkan cukup banyak follower, mulailah men-tweet link blog post Anda, pastikan Anda hanya membagikan blog post yang menarik dan bermanfaat bagi orang lain, sehingga mereka tertarik untuk mengunjungi blog Anda terus menerus.

Ketika sharing link di sosial media Anda juga bisa memanfaatkan layanan penyingkat alamat web (URL shortener) seperti http://www.bitly.com, sehingga alamat blog yang panjang bisa dipersingkat Caranya yaitu klik link berikut https://bitly.com/shorten/ lalu masukan link alamat blog yang akan dibagikan ke twitter, lalu klik “shorten”.

Bisa Anda lihat pada gambar diatas, alamat blog yang tadinya panjang dipersingkat menjadi “bit.ly/17EMEML”, jika nantinya ada orang yang mengklik link tersebut maka akan diarahkan menuju link blog yang asli. Tweetlah secara berkala, namun jangan terlalu sering membagikan link agar para follower Anda tidak bosan dan tidak dianggap hanya sekedar mencari penghasilan Adsense semata.

4. Link Dari Blog Directory
Cara lainnya untuk mendapatkan backlink dan pengunjung blog yaitu dengan memasukan blog Anda pada direktori blog (blog directory) populer. Berikut ini beberapa blog directory yang sering saya gunakan untuk mendapatkan backlink:
Sebelum bisa memasukan link blog Anda ke website-website diatas Anda harus mendaftar terlebih dahulu (sign up) gratis. Setelah daftar dan log in lalu ikutilah petunjuk yang ada dan masukan link blog Anda sesuai dengan kategori.

5. Link Dari Situs Social Bookmark
Situs social bookmark adalah situs yang berisi kumpulan website-website favorite orang lain, dalam situs ini orang-orang berbagi mengenai websitewebsite yang menurut mereka menarik dan bermanfaat. Dengan memanfaatkan situs-situs social bookmark ini blog Anda bisa mendapatkan pengunjung blog sekaligus mendapatkan backlink. Berikut ini beberapa situs social bookmark yang sering saya gunakan. Situs social bookmark untuk blog berbahasa inggris:

Situs social bookmark untuk blog berbahasa Indonesia:
Untuk memasukan blog ke situs-situs social bookmark tersebut, Anda harus daftar dulu ke masing-masing website agar bisa log in, setelah log in kemudian Anda masukan link blog post Anda ke website-website diatas. 

6. Masukan blog ke Google Webmaster Tools

Untuk memasukan blog ke webmaster tools kunjungi link berikut http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl, lalu masukan alamat blog Anda. Jika Anda harus log in, masukan saja username dan password google account Anda. Selain itu masukan juga blog Anda ke link berikut http://blogsearch.google.com/ping. Tujuannya adalah agar blog Anda lebih cepat ter-index pada mesin pencari google. Itulah cara-cara yang sering saya lakukan untuk mendapatkan ribuan pengunjung blog setiap harinya dari mesin pencari google. Keuntungan dari teknik SEO ini yaitu jika blog Anda sudah memiliki banyak backlink, maka blog tersebut akan mendapatkan pengunjung dari mesin pencari secara otomatis (auto pilot) tanpa harus selalu meng-update blog. Berdasarkan pengalaman saya pengaruh backlink terhadap trafik pengunjung blog biasanya akan terasa setelah 2 - 3 minggu, jadi bersabarlah dan terus perbanyak backlink.

Baik, sampai disini semua tips dan trik dalam mendapatkan pengunjung blog sudah saya jelaskan secara detail. Anda harus memadukan sumber trafik tersebut (dari social media dan dari SEO). Jangan sampai sumber pengunjung blog Anda hanya berasal dari sosial media saja, tapi juga harus menggunakan sumber trafik dari mesin pencari melalui proses SEO, karena pada dasarnya google lebih suka sumber pengunjung blog natural yang berasal dari mesin pencari sehingga klik yang diperoleh lebih valid dan tertarget.

Artikel Blog Adsense Alternative Lainnya :

2 komentar:

Copyright © 2015 Blog Adsense Alternative | Design by Blog Adsense Alternative